Kalimantan Utara

 Kalimantan Utara

provinsi Kalimantan Utara berasal dari sebagian wilayah provinsi Kalimantan Timur. Wilayahnya terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, yakni: Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan dan Tana Tidung serta Kota Tarakan.

Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yaitu Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Pusat pemerintahan Kalimantan Utara saat ini berada di kecamatan Tanjung Selor, bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan.

Kalimantan Utara ini memiliki luas sebesar 75.000 km² dengan jumlah penduduk sekitar 691.000 jiwa. Suku atau etnis yang tinggal di Kalimantan Utara adalah:
Dayak
♦ Tidung
♦ Bulungan
♦ Suluk
♦Banjar
♦Bugis
♦ Jawa

Kalimantan utara ini, memiliki banyak bahasa daerah, diantaranya: ♦ Indonesia (resmi)
♦Dayak (dominan)
♦Banjar
♦Bulungan
♦Jawa
♦Melayu
♦Tausug
♦Tidung

Masyarakat Kalimantan Utara menganut agama yang berbeda-beda dengan mayoritas agama yang percayanya yaitu agama islam, berikut rinciannya:
Islam 59.54%
♦Kristen Protestan 31.38%
♦Katolik 7.60%
♦Buddha 1.26%
♦Hindu 0.06%
♦Konghucu 0.001%

A. KEBUDAYAAN KALIMANTAN UTARA

Kebudayaan Kalimantan Utara ini memang sedikit mirip dengan kebudayaan Kalimantan Timur, karena provinsi Kalimantan Utara yang merupakan pecahan dari Provinsi Kalimantan Timur. Kalimantan Utara memiliki beberapa kebudayaan yang terkenal masih terjaga sampai sekarang.

•RUMAH ADAT (BALOY)



Rumah Baloy adalah rumah adat yang terkenal dari masyarakat Kalimantan Utara. Bentuk bangunan rumah ini terlihat lebih modern dan modis karena hasil pengembangan arsitektur Dayak dari Rumah adat Kalimantan Timur yaitu Rumah Panjang (Rumah Lamin) yang dibuat oleh Masyarakat suku Tidung yang tidak lain adalah suku di Kalimantan Utara.

•PAKAIAN ADAT 


Mayoritas  suku dayak di Kalimantan Utara yaitu suku Dayak Kenyah. Bagian suku yang orangnya dicirikan mirip keturunan Tionghoa ini mempunyai pakaian adat bernama Ta’ a dan Sapei Sapaq.

Ta’a dan Sapei Sapaq memang dikenal sebagai pakaian adat Kalimantan Timur. Namun, provinsi Kalimantan Utara juga mengakui bahwa kedua pakaian ini sebagai pakaian adat mereka. Adapun meski memiliki nama yang sama, Ta’a dan Sapei Sapaq khas Kalimantan Timur dan yang khas Kalimantan Utara memiliki beberapa perbedaan.

B. TEMPAT WISATA KALIMANTAN TIMUR


1. Pantai Tanah Kuning 


Pantai ini terletak di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Pantai Tanah Kuning memiliki air yang bersih dan seolah kebiruan menyatu dengan warna langit. Pasirnya yang putih bersih akan tampak indah bila terkena pancaran sinar matahari. Selain dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan, setiap pengunjung juga akan mendapatkan sambutan yang ramah dari penduduk sekitar.

2. Gunung Putih


lokasinya berada di Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Disebut Gunung Putih karena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangat indah dengan relief-relief yang alami bak pahatan seorang seniman. Keindahan Gunung Putih memang sangat natural

3. Pantai Amal


Tempat Wisata ini memiliki keindahan air laut yang biru dengan pasirnya yang coklat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa. Selain menyajikan keindahan alam, ada hal lain yang gak boleh kamu lewatkan saat berada di pantai ini. Pantai Amal mempunyai kuliner khas yang patut Anda cicipi, yaitu kapah.

4. Air Terjun Gunung Rian



Dinamakan Air Terjun Rian karena lokasinya terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung (KTT), Kalimantan Utara. 
Air Terjun Rian ini tingginya sekitar 90 meter sampai ke puncaknya dan jatuh melalui bebatuan terjal gunung rian yang terdiri dari 7 tingkatan, namun hanya tingkat 1 dan 2 saja


5. Hutan Lindung Sungai Sesayap



Tempat Wisata alam di Tanah Tidung ini dapat anda dinikmati dengan berlayar di Sungai Sesayap menggunakan perahu yang disediakan penduduk disana. Keindahan pemandangan alam dan pepohonan rimbun yang tumbuh subur hingga dapat dinikmati disepanjang sungai saat Anda berlayar. 

C. KULINER KHAS KALIMANTAN UTARA

1. KEPITING SOKA



Kuliner yang satu ini, enaknya disajikan dengan tumis saos, bumbu akan mudah masuk karena kepiting ini memiliki kulit yang lembut sehingga dagingnya akan terasa sekali dengan bumbu-bumbunya. 

2. TUMIS KAPAH

Makanan yang satu ini biasanya memang selalu di tumis di campur dengan beberapa bumbu yang dapat menambah kelezatannya yaitu bawang merah, bawang putih, serta tak ketinggalan penyedap rasanya. Dan satu lagi ditambah dengan jeruk nipis.

3. DODOL CEMPEDAK DAN RUMPUT LAUT

Dodol cempedak ini terbuat dari bahan dasar buah cempedak yang tergolong dengan keluarga dari buah nangka dan durian. Buah ini sangat manis seperti buah nangka, dan memiliki aroma seperti buah durian.
Selain dodol cempedak, ada juga dodol yang terbuat dari bahan dasar rumput laut.

4. SATE IKAN PARI
Ikan pari ini banyak di temukan di sungai Sesayap yang ada di Kalimantan Utara, sehingga terkadang masayarakat setempat menjadikan ikan pari sebagai menu lauk untuk pelengkap nasi subut.

5. TUDAI 


Tudai adalah sejenis kerang seperti kapah, dan ini juga banyak di jumpai di Kalimantan Utara tepatnya di Tanjung Selor. Tudai ini memiliki daging yang tebal dan memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Untuk mendapatkan kerang ini, anda cukup berkunjung ke daerah Bulungan

D. OLEH OLEH KHAS KALIMANTAN

1. Abon Kepiting Soka
2. Amplang Bandeng
3.  Kaos borneo indah
4. Dodol Rumput Laut
5. Peci khas Dayak


Komentar

Postingan Populer